Rabu, 12 Januari 2011

"Obama Harus Lengser Jika Terbukti Memata-matai PBB"



Presiden Barack Obama harus mengundurkan diri jika dapat dibuktikan bahwa dia menyetujui tokoh-tokoh diplomatik AS memata-matai pejabat PBB, pendiri WikiLeaks mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada hari Minggu (05/12).

"Seluruh Rantai komando yang menyadari urutan ini, dan menyetujuinya, harus mengundurkan diri jika AS harus dilihat sebagai bangsa yang kredibel yang mematuhi aturan hukum. perintah ini begitu serius sehingga mungkin telah diajukan kepada presiden untuk persetujuan, "kata Julian Assange kepada harian Spanyol El Pais.

"Obama harus menjawab apa yang ia tahu tentang perintah ilegal itu dan kapan itu terjadi. Jika ia menolak untuk menjawab atau ada bukti bahwa dia menyetujui tindakan ini, dia harus mengundurkan diri," tambahnya selama wawancara via Internet chatting yang diterbitkan secara online.

WikiLeaks melemparkan diplomasi AS ke dalam kekacauan ketika memulai melepaskan kabel pada tanggal 28 November, menciptakan badai internasional sebagai penilaian pribadi diplomat Amerika 'para pemimpin asing dan politik telah terbuka ditayangkan.

Menurut salah satu dokumen dari 250.000 telegram Departemen Negara yang diklasifikasikan, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton meminta nomor telepon, email, rincian kartu kredit dan nomor frequent flier personil PBB.

Amerika Serikat dan pemerintah lainnya mengatakan peluncuran dokumen tersebut melanggar hukum mereka.

Assange memberikan wawancara kepada El Pais, pada hari Sabtu dari tempat yang dirahasiakan. Pria Australia 39 tahun itu diyakini berada di Inggris, dan mungkin akan ditangkap minggu ini.

WikiLeaks telah mengalami tekanan kuat untuk ditutup karenamerilis dokumen rahasia AS.

Situs ini telah dipaksa untuk mengubah nama domain dan berpindah-pindah ke server di seluruh dunia sementara berbagai perusahaan dan negara berturut-turut membungkuk pada argumen AS.

Mereka juga mendapat serangan dunia maya berulang, melalui suatu taktik yang dikenal sebagai penolakan layanan terdistribusi(DDoS) di mana ribuan komputer terhubung ke server dalam upaya bersama untuk membuat sebuah situs menjadi off line.

Website Mirror, yang mereplikasi data WikiLeaks, telah bermunculan pada server di berbagai negara.

Interpol, sementara itu, telah mengeluarkan sebuah "pemberitahuan kode merah" terhadap Assange menyiagakan pasukan polisi bahwa ia adalah orang yang dicari di Swedia, yang ingin menanyainya "sehubungan dengan sejumlah pelanggaran seksual", tuduhan yang ia sangkal.

"Organisasi ini kuat. Kami memiliki banyak dukungan, namun kami juga memiliki banyak serangan dalam berbagai bentuk mulai dari serangan DDoS yang terus menerus hingga pencemaran nama baik dan isu-isu hukum.," Kata Assange.

Dia mengatakan WikiLeaks mempunyai "puluhan" orang yang membantu menangani organisasi dengan serangan-cyber dan mengatur website mirror "namun butuh banyak waktu bagi kita untuk mengelola proses".

"Kami mengotomatisasi prosesnya dan akan segera memiliki ratusan. Jika ada pertempuran antara militer AS dan pelestarian Sejarah, kita telah menjamin Sejarah akan menang."

Assange mengatakan dia dan orang lain yang bekerja untuk WikiLeaks telah menerima "ratusan" ancaman kematian dari "militan militer AS".

"Itu tidak biasa, dan kita telah terlatih dari pengalaman masa lalu untuk mengabaikan ancaman tersebut dari ekstremis Islam, kleptokrat Afrika dan sebagainya. Baru-baru ini situasi telah berubah dengan ancaman-ancaman sekarang memperluas ke pengacara kami dan anak-anak saya," tambahnya.

Assange mengatakan dia percaya bahwa "riak-riak baru mulai mengalir di seluruh dunia" dari perilisan telegram Departemen Luar Negeri.

Mengantisipasi upaya AS untuk memblokir mereka, WikiLeaks telah mengambil tindakan pencegahan dari memposting file sebesar 1.4-gigabyte yang dienkripsi dengan kunci 256-digit yang dikatakan tak terpecahkan.

Berjudul "insurance.aes256", file tersebut cukup besar untuk menampung semua telegram AS yang dikatakan dimiliki WikiLeaks.

Enkripsi itu membuatn dokumen tak ersebut terbaca sampai kunci diberikan - Pada saat itu semua isinya akan tersedia bagi mereka yang mengunduh dari situs torrent seperti ThePirateBay.org.

Assange, berkomunikasi online melalui The Guardian, koran Inggris yang merupakan salah satu dari beberapa harian di seluruh dunia bekerja sama dengan WikiLeaks dalam melepaskan telegram itu, berkata orang di seluruh planet sudah meletakkan file itu pada komputer mereka.

"Arsip telah tersebar, bersama dengan material lain yang signifikan dari AS dan negara lain untuk lebih dari 100.000 orang dalam bentuk terenkripsi. Jika sesuatu terjadi pada kita. bagian kunci akan dirilis secara otomatis. Selanjutnya, arsip Cable Gate berada di tangan beberapa organisasi berita. Sejarah akan menang. Dunia akan diangkat ke tempat yang lebih baik, "tulisnya.

Assange menuduh "unsur-unsur penyalahgunaan pemerintah Amerika Serikat" memaksa WikiLeaks dan berkata "kita mengambil tindakan yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki ketika berhadapan dengan negara adikuasa."

Australia juga mengatakan, pemerintah Australia bekerja dengan Amerika Serikat melawan dirinya, dan bahwa dia tidak diterima kembali ke negara asalnya.

Jaksa-umum Australia Robert McClelland Sabtu mengatakan pemerintah telah mempertimbangkan untuk membatalkan paspor Assange tetapi terhalang karena "isu-isu mengenai pemberitahuan pembatalan."

Assange bersembunyi di suatu tempat di dunia, diyakini Eropa, dan dengan demikian tidak mudah menerima pemberitahuan resmi dari Australia.

Situs berita harian The Beast menulis bahwa pengungkapan WikiLeaks mungkin telah membuat situs itu "berbahaya" jika tidak mustahil bagi mereka ditemukan telah sangat kritis terhadap pemerintah yang korup atau tidak kompeten untuk melakukan pekerjaan mereka.

"Kami akan harus menarik keluar beberapa orang terbaik kami ... karena mereka berani melapor kembali kebenaran tentang bangsa-bangsa di mana mereka melayani," kata seorang pejabat senior keamanan nasional AS mengatakan kepada situs web itu.

Perencanaan masih pada tahap awal, tetapi Departemen Luar Negeri, Pentagon, dan CIA bekerja dengan asumsi mereka akan mengubah personil pada beberapa kedutaan besar AS dan konsulat dalam beberapa bulan mendatang, kata laporan itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Leslie Phillips mengatakan: "Kami akan melakukannya jika perlu," tanpa merinci lebih lanjut.

Demokrat Senior Senator John Kerry juga mengisyaratkan pada perubahan staf sebagai akibat dari pengungkapan WikiLeaks.

Pada hari Minggu mantan duta besar ke Irak dan Afghanistan mengatakan Duta Besar AS untuk Kabul saat ini Karl Eikenberry harus diganti, setelah rincian penilaian keras dari Presiden Hamid Karzai dan pejabat senior lainnya terungkap.

"Dia melakukan pekerjaan yang baik ... tapi saya pikir dia tidak lagi menjadi teman bicara yang efektif karena kebocoran itu," kata Zalmay Khalilzad kepada This Week ABC.

"Jika kita mau berurusan dengan masalah kemitraan dengan pemerintah Afghanistan, jika kita mau berurusan dengan masalah politik dalam negeri secara efektif, yang memanfaatkan kerja sama, kita perlu memiliki tim baru."

Deputi dari salah satu pihak Jerman pekan lalu mendesak Washington untuk memecat duta besarnya melalui kabel di mana ia dan diplomat lain mencemooh pejabat Jerman atas, tetapi pemerintah tidak meminta untuk mengingatnya. (iw/meo)www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar