Rabu, 19 Januari 2011

Populerkan Keuangan Syariah, Thailand Belajar ke Indonesia

http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQhqwfeWX6odZ94gkyXbcQRsSO6Uxq0NzG3UF8aTWTMwP087nHQ

Thailand tergiur dengan industri keuangan syariah di Indonesia. Pemerintah Thailand melalui lembaga Southern Borders Province Administration Centre (SBPAC) mengadakan studi banding di Bank Muamalat, Rabu (18/1). 

Pertumbuhan ekonomi islam di Indonesia yang dianggap bergerak cepat menjadi alasan mengapa organisasi pemerintah yang khusus menangani provinsi di selatan Thailand (mayoritas muslim) dalam ke negeri ini.

Menurut perwakilan SBPAC, Aziz Benhawan, pertumbuhan perekonomian syariah di negara tersebut baru berkembang tiga hingga empat tahun terakhir. ''Karenanya, kita datang ke Indonesia khususnya Bank Muamalat untuk melihat bagaiman lembaga keuangan mikro bisa kita kembangkan juga di Thailand,'' ujar Ketua Dewan Penasehat Perdamaian SBPAC ini kepada Republika.

Hingga kini, lembaga perekonomian Islam, seperti lembaga mikro syariah dan perbankan syariah masih amat minim di Thailand. Bahkan, di Bangkok, hanya ada satu bank syariah dengan beberapa cabang yang masih terkonsentrasi di beberapa daerah mayoritas muslim seperti Pattani dan Jala.

'' Diharapkan dengan ini kita bisa lebih memajukan perekonomian Islam di Thailand, terutama untuk masyarakat kelas bawah,'' jelasnya.

Stevy Maradona/republika.co.id/Sefti Oktarianisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar